Tuesday, December 30, 2008

PENGELOLAAN PERTUNJUKKAN THINKERBELLE


Sejak awal berdiri, Sanggar ThinkerBelle langsung menyelenggarakan beberapa pertunjukkan. Ya ... karena Sanggar ini telah memiliki masa/murid yang sejak awal sudah berpartisipasi di Sanggar sebelumnya.

Tujuan pendidikkan senipun lebih terarah kepada keberanian anak untuk bisa tampil mandiri dan percaya diri dihadapan publik luas, sehingga acara-acara yang terselenggarapun lebih dominan diarahkan ke area publik luas, meskipun untuk pemula lebih kami arahkan ke acara semacam all out (hanya ditonton oleh orang tua/kerabat).

Untuk acara-acara di mall, biaya tidak pernah kami minta dari para orang tua, tetapi biaya transport, konsumsi dan penyediaan kostum kami bebankan ke mall yang menyelenggarakannya. Memang tidak semua mall melakukan demikian, karena ada beberapa mall yang hanya minta kita barter promosi. Mereka hanya menyediakan tempat untuk berekspresi, sedang kita bisa menampilkan anak-anak untuk belajar mandiri dan percaya diri.

Di Sanggar-sanggar lain, biasanya biaya penyelenggaraan dibebankan ke anak didik dengan cara : membayar uang konsumsi dan kostum. Namun karena kami tidak terbiasa dengan hal tersebut, maka apabila tidak ada dana, pengelolaan biaya konsumsi, sewa kostum dan operasional lainnya langsung ditangani oleh management. Untuk itu ... diacara yang sifatnya sekedar promosi anak-anak tidak mendapat tunjangan transport & parkir. Yang lebih penting adalah ... bahwa kami berusaha untuk tidak meminta biaya lain kepada orang tua diluar iuran bulanan.

Untuk pertunjukan di mal atau pertunjukan besar yang mendapat biaya operasional dari panitia atau event organizer, anak-anak yang terlibat memang akan kami berikan penghargaan berupa hadiah atau tunjangan transport. Karena tujuan dari penampilan anak-anak diatas panggung, adalah agar mereka bisa belajar lebih berani didepan penonton.

Dalam hal pertunjukkan di gedung pertunjukkanpun, kami terikat kontrak. Bila diperbolehkan orang tua menonton saat Gladi Resik ... ya dengan senang hati kita utarakan pada orang tua. Tapi seperti acara "Konya-Konya Lonya" kami tidak bisa berbuat apa-apa apabila orang tua diwajibkan untuk membeli tiket, karena saat Gladi Resikpun ... orang tua harus beli undangan, walau dengan setengah harga. Saat pertunjukkanpun kami tetap usahakan agar ticket yang dibeli orang tua mendapat potongan harga. Dan potongan harga tersebut tidak kami potong sepersenpun.

Pada saat Shooting acara di TVpun adalah kewenangan pihak stasiun TV. Apabila diperkenankan menjadi penonton di Studio tentunya sangat menyenangkan. Namun apabila acara itu hanya diperuntukkan untuk undangan ... ya kami harap orang tua bisa menyaksikannya di televisi yang disediakan diruang ganti/kantin. Untuk itu ... terkadang kalau ada orang tua yang mau nonton ... sebelum hari H selalu kami tekankan agar tidak membawa saudara se erte hehehe ... karena belum tentu semua diperkenankan masuk keruang artis ... kasihan artisnya jadi dikejar-kejar untuk foto keluarga hehehe ...

Nah ... kami rasa cukup penjelasan kami tentang penyelenggaraan pertunjukkan yang dikelola management kami. Terima kasih telah bergabung dengan Sanggar ThinkerBelle.

3 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

sukses buat THINKERBELLE, maju terus, support Seni Pertunjukan Indonesia..
salam Kenal

THINKERBELLE STUDIO said...

Thx a lot untuk dukungannya.

Welcome

Nyopon - ku tak akan bisa

Pergi untuk kembali

Dia Maha sempurna - Lintar Idola cilik 3

PERFORMANCE THINKERBELLE DANCER @ IDOLA CILIK

PENAMPILAN THINKERBELLE DI IDOLA CILIK

Under The Sea @ 1st anniversary mal Emporium Pluit

Fashion show @ Miniapolis